100 Animals for Toddler Coloring Book: My First Big Book of Easy Educational Coloring Pages

100 Animals for Toddler Coloring Book: My First Big Book of Easy Educational Coloring Pages

IPS 1. Sebutkan 10 Negara ASEAN

2. ASEAN berdiri pada tanggal berapa,bulan,tahun dan di negara dan ibu kota mana?

3.Pengertian ASEAN dalam
Bahasa Indonesia?

*Aturan*
#No Copas/Salin.
#No google
#Jawaban rapih,Lengkap,Duluan = BA ​

1. Sebutkan 10 Negara ASEAN

2. ASEAN berdiri pada tanggal berapa,bulan,tahun dan di negara dan ibu kota mana?

3.Pengertian ASEAN dalam
Bahasa Indonesia?

*Aturan*
#No Copas/Salin.
#No google
#Jawaban rapih,Lengkap,Duluan = BA ​

JAWABAN:

1. malaysia

THAILAND

FILIPINA

SINGAPURA

INDONESIA

BRUNEI DARUSSALAM

VIETNAM

MYANMAR

LAOS

KAMBOJA

2. ASEAN (Association of South East Asian Nations) merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara.. ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967, di Bangkok Thailand. ASEAN diprakarsai 5 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Pada tanggal 7 Januari 1984, Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN yang ke-6. Negara-negara Asia Tenggara lainnya juga bergabung menjadi anggota ASEAN seperti Vietnam (bergabung pada tanggal 28 Juli 1995). Laos dan Myanmar (bergabung pada tanggal 23 Juli 1997), kemudian pada tanggal 16 Desember 1998 Kamboja juga ikut bergabung ke dalam organisasi ASEAN.

Saat ini, ASEAN beranggotakan 10 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

3. ASEAN (Association of South East Asian Nations) merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara..

PENJALASAN:

Letak Geografis Negara-negara ASEAN

Letak geografis menunjukkan letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi, dan dibandingkan dengan posisi daerah lain. Negara-negara ASEAN sebagian besar memiliki wilayah laut dengan luas sekitar 5.060.100 km². Adapun luas wilayah daratannya sekitar 4.817.000 km². Hasil laut memberikan sumbangan cukup besar bagi pendapatan masyarakat di negara-negara ASEAN. Di antara anggota-anggota ASEAN lainnya, hanya Laos yang tidak memiliki laut. Silakan kalian identifikasi, negara-negara yang berbatasan dengan Laos.

Berdasarkan letak geografis, ASEAN terletak di antara dua samudra dan dua benua. Dua samu dra tersebut, yaitu Hindia dan Pasifik. Sedangkan dua benua, yaitu Asia dan Australia.

Berdasarkan bentuk secara geografis, negara-negara ASEAN memiliki ciri sebagai berikut.

a. Compact, berbentuk hampir seperti lingkaran (Kamboja).

b. Fragmented, berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah (Indonesia, Filipina, dan Malaysia).

c. Elongated, berbentuk memanjang (Vietnam).

d. Protruded, bentuknya lebih kompleks dan beragam dengan tangan memanjang (Thailand danMyanmar).

Letak Koordinat ASEAN

Letak koordinat adalah titik yang berpedoman pada garis latitude (garis lintang) dan longitude (garis bujur) suatu daerah pada peta. Letak koordinat sering disebut juga letak astronomis. Secara astronomis, ASEAN terletak pada garis lintang paling utara 29° LU, sedangkan garis lintang paling selatan terletak pada 11° LS, untuk garis bujur paling barat 92° BT dan garis bujur paling timur ASEAN terletak pada 1410 BT. Sehingga dapat ditulis garis astronomis ASEAN yaitu 29° LU s.d. 11° LS dan 92° BT s.d. 141° BT.

[answer.2.content]